Selasa, 03 April 2012

CISCO IT ESSENTIAL : Chapter 8.3 Menjelaskan konsep-konsep jaringan dasar dan teknologi







BANDWITH DAN TRANSMISI DATA
  • Bandwidth adalah jumlah data yang dapat dikirim dalam jangka waktu tetap. Ketika data dikirim melalui jaringan komputer, ini dipecah menjadi potongan kecil yang disebut paket. Setiap paket mengandung header. Header adalah tambahan informasi untuk setiap paket yang berisi sumber dan tujuan dari paket. Suatu judul juga berisi informasi yang menjelaskan bagaimana untuk menempatkan semua paket kembali bersama lagi di tempat tujuan. Ukuran bandwidth menentukan jumlah informasi yang dapat ditransmisikan.


  • Bandwidth diukur dalam bit per detik dan biasanya dilambangkan oleh salah satu unit berikut ukuran:
                 -  bps - bit per detik
                 -  kbps - kilobit per detik

                 -  Mbps - megabit per detikNOTE: Satu byte sama dengan 8 bit, dan disingkat dengan modal B. Satu MBps adalah sekitar 8 Mbps.
Gambar 1 menunjukkan bagaimana bandwidth pada jaringan dapat dibandingkan dengan jalan raya. Pada contoh di jalan raya, mobil-mobil dan truk mewakili data.Jumlah lajur di jalan raya merupakan jumlah mobil yang bisa bepergian di jalan raya pada waktu yang sama. Sebuah jalan raya delapan jalur dapat menangani empat kali jumlah mobil yang jalan raya dua jalur dapat terus.
Data yang dikirim melalui jaringan dapat mengalir dengan menggunakan salah satu dari    tiga mode: simplex, half-duplex, atau full-duplex.



                                                                                gambar 1.

  • Simplex
Simplex, juga disebut searah, adalah, satu satu arah transmisi. Sebuah contoh dari transmisi simplex adalah sinyal yang dikirimkan dari sebuah stasiun TV ke TV rumah Anda.

  • Half-Duplex
Ketika data mengalir dalam satu arah pada satu waktu, ini dikenal sebagai half-duplex. Dengan half-duplex, saluran komunikasi memungkinkan transmisi dalam dua arah, tapi tidak di kedua arah secara bersamaan. Radio dua arah, seperti polisi atau komunikasi darurat radio mobile, bekerja dengan setengah-duplex transmisi. Ketika Anda menekan tombol pada mikrofon untuk mengirimkan, Anda tidak bisa mendengar orang di ujung lainnya. Jika orang di kedua ujungnya mencoba berbicara pada saat yang sama, transmisi tidak akan melalui.

  • Full-Duplex
Ketika data mengalir dalam dua arah pada saat yang sama, diketahui sebagai full-duplex. Meskipun data mengalir dalam dua arah, bandwidth diukur hanya dalam satu arah. Kabel jaringan dengan 100 Mbps dalam modus full-duplex memiliki bandwidth 100 Mbps.
Sebuah percakapan telepon merupakan contoh komunikasi full-duplex. Kedua orang bisa bicara dan didengar pada saat yang sama.
Full-duplex teknologi jaringan meningkatkan kinerja jaringan karena data dapat dikirim dan diterima pada saat yang sama. Broadband teknologi memungkinkan beberapa sinyal untuk dijalankan di atas kawat yang sama secara bersamaan. Broadband teknologi, seperti digital subscriber line (DSL) dan kabel, beroperasi dalam modus full-duplex. Dengan koneksi DSL, misalnya, pengguna dapat men-download data ke komputer dan berbicara di telepon pada waktu yang sama.

Sumber : Modul Offline CISCO IT Essential 

0 komentar:

Posting Komentar